Kamis, 20 Desember 2012

Pemanfaatan Sampah


·         Pengantar
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat berasal dari kegiatan manusia maupun dari proses alam seperti jatuhnya daun dari pohon sehingga daun tersebut berserakan di tanah. Sampah dibedakan menjadi beberapa jenis salah satunya yaitu berdasarkan sifatnya yang terdiri dari Sampah organik - dapat diurai (degradable) dan Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable). Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk dan bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) serta dapat terurai sehingga dapat dirubah menjadi kompos. Kompos dapat berasal dari bahan-bahan seperti daun-daunan kering, ranting pohon, jerami, alang-alang, sisa makanan, rumput, sayuran, buah-buahan dan ikan yang membusuk. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat membusuk dan tidak dapat terurai seperti plastik, kaleng, kayu, kertas, kaca, kardus, botol dan gelas minuman.
Sampah merupakan permasalahan yang sangat besar di berbagai negara salah satunya yaitu di negara kita Indonesia. Di Indonesia sampah merupakan permasalahan yang belum dapat dituntaskan dengan baik, karena semakin hari sampah semakin banyak dan bertumpuk dimana-mana. Bahkan dijalan raya sekalipun tidak jarang ditemukan sampah-sampah yang berserakan.
Untuk dapat menanggulangi sampah-sampah tersebut dapat dilakukan pengolahan seperti membuat kompos atau mendaur ulang sampah tersebut menjadi sebuah kerajinan yang dapat bermanfaat lagi. Sampah-sampah tersebut harus dibedakan terlebih dahulu berdasarkan sifatnya yaitu sampah organik dan anorganik. Dari sampah anorganik kita dapat membuat berbagai kerajinan yang lebih menarik dan dapat memiliki daya jual seperti membuat tas dari plastik bekas minyak goreng, tirai dari gelas minuman plastik, tempat pensil dari kaleng, dll.

·         Tujuan
1.      Mengetahui jenis sampah organik dan anorganik
2.      Dapat memanfaatkan sampah menjadi suatu kerajinan
3.      Mengetahui cara memanfaatkan sampah menjadi kerajinan
·         Bahan/ Alat yang disediakan
1.      Gambar sampah termasuk kedalam jenis organik dan anorganik
2.      Foto kerajinan tirai dari bekas gelas air mineral
3.      Gambar tempat tissue dari kardus
4.      Gambar tempat serba guna dari botol plastik
5.      Gambar tempat pensil dan tempat surat dari bekas tissue gulung dan kardus
6.      Gambar tempat pensil dari kaleng
7.      Gambar pupuk kompos

·         Waktu
Disesuaikan dengan yang dibutuhkan

·         Langkah Kegiatan
1.      Lakukan kegiatan di dalam kelas
2.      Kondisikan anak dalam situasi belajar
3.      Agar kegiatan yang dilakukan lebih menarik, awali dengan bernyanyi bersama
Aku anak sehat
Karena kelasku bersih
Bebas dari sampah
Yang berserakan
Aku anak sehat
Karena lingkunganku bersih
Bebas dari semua
Jenis penyakit
4.      Tanyakan kepada anak apa yang dimaksud dengan sampah organik
5.      Mintalah anak untuk menyebutkan sampah yang termasuk jenis sampah organik yang mereka ketahui
6.      Tanyakan kepada anak apa yang dimaksud dengan sampah anorganik
7.      Mintalah anak untuk menyebutkan sampah yang termasuk jenis sampah anorganik yang mereka ketahui
8.      Perlihatkan kepada anak foto/gambar jenis sampah dalam ukuran yang besar dan jelas, kemudian tanyakan kepada anak pertanyaan berikut:
a.       Gambar apa ini?
b.      Apakah plastik termasuk jenis sampah anorganik?
c.       Apakah kardus termasuk jenis sampah anorganik?
d.      Gambar apa ini?
e.       Apakah daun termasuk jenis sampah organik?
f.       Apakah kotoran domba termasuk sampah organik?
9.      Berikan kesempatan kepada anak untuk menunjuk gambar sambil mengajukan pertanyaan berikut:
a.       Mana gambar yang menunjukan gambar plastik?
b.      Mana gambar yang menunjukan gambar kardus
c.       Mana gambar yang menunjukan gambar daun
d.      Mana gambar yang menunjukan gambar kotoran domba?
10.  Perlihatkan kepada anak foto/gambar kerajinan dari sampah dalam ukuran yang besar dan jelas, kemudian tanyakan kepada anak pertanyaan berikut:
a.       Gambar apa ini?
b.      Dari bahan apakah kerajinan tempat pensil ini?
c.       Termasuk jenis sampah apakah bahan yang digunakan dalam membuat kerajinan tempat pensil ini?
d.      Gambar apa ini?
e.       Bahan apakah yang digunakan dalam kerajinan tempat tissue ini?
f.       Termasuk jenis sampah apakah bahan yang digunakan dalam membuat kerajinan tempat tissue ini?
g.      Gambar apa ini?
h.      Bahan apa yang digunakan dalam membuat pupuk kompos?
11.  Berikan kesempatan kepada anak untuk menunjuk gambar sambil mengajukan pertanyaan berikut:
a.       Mana gambar yang menunjukan gambar tempat pensil dari kaleng?
b.      Mana gambar yang menunjukan gambar tempat pensil dan tempat surat?
c.       Mana gambar yang menunjukan gambar tempat tissue?
d.      Mana gambar yang menunjukan gambar pupuk kompos?
12.  Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok secara heterogen
13.  Guru meminta siswa untuk menyatukan dua meja, setelah itu siswa duduk berdasarkan kelompoknya
14.  Guru membagikan LKS mengenai kerajinan tangan dari sampah kepada setiap kelompok
15.  Guru meminta siswa untuk melakukan kegiatan berdasarkan LKS berikut:

Tirai dari Gelas Minuman Plastik

Tujuan
Mengetahui cara membuat tirai dari gelas minuman plastik

Alat dan Bahan
          1.      Gelas minuman plastik                        4.  Tissue
                                       
          2.      Cutter                                                5.  Gunting
                                                                          
          3.      Ember + Air                                       6.  Stapler
                                     

Langkah Kerja
         1.      Siapkan alat dan bahan
         2.      Cuci bersih gelas didalam ember yang berisi air
         3.      Keringkan gelas dengan menggunakan tissue
         4.      Pisahkan bagian mulut gelas dengan bagian badan gelas dengan menggunakan gunting
                 
         5.      Rapikan plastik yang berada pada pinggir tutup mulut gelas
                
         6.      Kemudian gunting bagian atas gelas  berdasarkan lengkungan gelas
                 
         7.      Gunting  gelas menjadi dua bagian
                 
         8.      Setelah gelas terbagi menjadi dua bagian, kemudian bagi lagi setiap bagian gelas   
               menjadi 4 bagian, sehingga seluruhnya menghasilkan 8 bagian gelas
                 
         9.      Lipat setiap bagian gelas yang telah digunting, kemudian rapikan bagian gelas tersebut   
               sehingga ukurannya sama
              
         10.  Gunting setiap bagian ujung atas gelas di sebelah kiri dan kanan
                    
         11.  Pada posisi tengah-tengah potongan masukan bagian mulut gelas, kemudian lipat bagian 
               gelas sampai bagian ujung atas gelas berada dibagian dasar gelas, kemudian stapler  
               bagian putih ujung atas gelas
                     
          12.  Lipat dan stapler semua potongan gelas sehingga membentuk bunga
          13.  Ambil kembali gelas minuman yang lain, kemudian bagian tengah-tengah potongan 
                dimasukan kedalam mulut gelas yang sudah terpasang pada gelas sebelumnya, setelah 
                itu stapler bagian ujung putih gelas
          14.  Potongan yang sejajar dengan potongan yang dimasukan kedalam mulut gelas 
                 kemudian di masukan kedalam mulut gelas yang baru.
          15.  Lakukan kegiatan sampai setiap satu gantung tirai terdiri dari 5 buah bunga
                    
   

                 16.  Setelah selesai melakukan kegiatan, perwakilan dari setiap kelompok diminta untuk 
                       mengumpulkan hasil kerajinan yang telah dibuat. 
                 17.  Siswa melaksanakan opsih diantaranya
       a.       Merapikan meja dan kursi
       b.      Membuang sampah pada tempatnya
       c.       Lakukan semuanya sambil bernyanyi
       Disini senang disana senang
       Dimana-mana hatiku senang
       Lalalalala 2x
        d.      Akhiri kegiatan dengan mencuci tangan

·         Penegasan
Siswa diminta untuk menyebutkan pengertian sampah, jenis-jenis sampah serta hasil yang dapat diperoleh dari pemanfaatan sampah berdasrkan jenisnya.
·         Evaluasi
1.      Tes Kinerja
a.       Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan
b.      Keaktifan siswa dalam melakukan kegiatan berdasarkan LKS
c.       Kerajinan yang dihasilkan
2.      Tes Sikap
Pernyataan
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
      Buanglah sampah pada tempatnya


  
           Sediakan tong sampah berdasarkan jenisnya (tong sampah organik dan tong sampah anorganik)



     Jangan pisahkan sampah berdasarkan jenisnya



        Masukan sampah kardus kedalam tong sampah anorganik



       Membuat pupuk kompos dengan plastik



        Membuat kerajinan dari sampah anorganik



       Sampah tidak dapat dimanfaatkan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar