·
Pengantar
Sampah merupakan material
sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.
Sampah dapat berasal dari kegiatan manusia maupun dari proses alam seperti
jatuhnya daun dari pohon sehingga daun tersebut berserakan di tanah. Sampah
dibedakan menjadi beberapa jenis salah satunya yaitu berdasarkan sifatnya yang
terdiri dari Sampah organik - dapat diurai (degradable) dan Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable). Sampah organik
adalah sampah yang mudah membusuk dan bisa mengalami pelapukan (dekomposisi)
serta dapat terurai
sehingga dapat dirubah menjadi kompos.
Kompos dapat berasal dari bahan-bahan seperti daun-daunan kering, ranting
pohon, jerami, alang-alang,
sisa makanan, rumput,
sayuran, buah-buahan dan ikan yang membusuk. Sampah anorganik merupakan sampah
yang tidak dapat membusuk dan tidak dapat terurai seperti plastik, kaleng,
kayu, kertas, kaca, kardus, botol dan gelas minuman.
Sampah merupakan permasalahan yang sangat besar di
berbagai negara salah satunya yaitu di negara kita Indonesia. Di Indonesia
sampah merupakan permasalahan yang belum dapat dituntaskan dengan baik, karena
semakin hari sampah semakin banyak dan bertumpuk dimana-mana. Bahkan dijalan
raya sekalipun tidak jarang ditemukan sampah-sampah yang berserakan.
Untuk dapat menanggulangi sampah-sampah tersebut
dapat dilakukan pengolahan seperti membuat kompos atau mendaur ulang sampah
tersebut menjadi sebuah kerajinan yang dapat bermanfaat lagi. Sampah-sampah
tersebut harus dibedakan terlebih dahulu berdasarkan sifatnya yaitu sampah
organik dan anorganik. Dari sampah anorganik kita dapat membuat berbagai
kerajinan yang lebih menarik dan dapat memiliki daya jual seperti membuat tas
dari plastik bekas minyak goreng, tirai dari gelas minuman plastik, tempat
pensil dari kaleng, dll.
·
Tujuan
1. Mengetahui
jenis sampah organik dan anorganik
2. Dapat
memanfaatkan sampah menjadi suatu kerajinan
3. Mengetahui
cara memanfaatkan sampah menjadi kerajinan
·
Bahan/
Alat yang disediakan
1. Gambar
sampah termasuk kedalam jenis organik dan anorganik
2. Foto
kerajinan tirai dari bekas gelas air mineral
3. Gambar
tempat tissue dari kardus
4. Gambar
tempat serba guna dari botol plastik
5. Gambar
tempat pensil dan tempat surat dari bekas tissue gulung dan kardus
6. Gambar
tempat pensil dari kaleng
7. Gambar
pupuk kompos
·
Waktu
Disesuaikan
dengan yang dibutuhkan
·
Langkah
Kegiatan
1. Lakukan
kegiatan di dalam kelas
2. Kondisikan
anak dalam situasi belajar
3. Agar
kegiatan yang dilakukan lebih menarik, awali dengan bernyanyi bersama
Aku anak sehat
Karena kelasku bersih
Bebas dari sampah
Yang berserakan
Aku anak sehat
Karena lingkunganku bersih
Bebas dari semua
Jenis penyakit
4. Tanyakan
kepada anak apa yang dimaksud dengan sampah organik
5. Mintalah
anak untuk menyebutkan sampah yang termasuk jenis sampah organik yang mereka
ketahui
6. Tanyakan
kepada anak apa yang dimaksud dengan sampah anorganik
7. Mintalah
anak untuk menyebutkan sampah yang termasuk jenis sampah anorganik yang mereka
ketahui
8. Perlihatkan
kepada anak foto/gambar jenis sampah dalam ukuran yang besar dan jelas,
kemudian tanyakan kepada anak pertanyaan berikut:
a. Gambar
apa ini?
b. Apakah
plastik termasuk jenis sampah anorganik?
c. Apakah
kardus termasuk jenis sampah anorganik?
d. Gambar
apa ini?
e. Apakah
daun termasuk jenis sampah organik?
f. Apakah
kotoran domba termasuk sampah organik?
9. Berikan
kesempatan kepada anak untuk menunjuk gambar sambil mengajukan pertanyaan berikut:
a. Mana
gambar yang menunjukan gambar plastik?
b. Mana
gambar yang menunjukan gambar kardus
c. Mana
gambar yang menunjukan gambar daun
d. Mana
gambar yang menunjukan gambar kotoran domba?
10. Perlihatkan
kepada anak foto/gambar kerajinan dari sampah dalam ukuran yang besar dan
jelas, kemudian tanyakan kepada anak pertanyaan berikut:
a. Gambar
apa ini?
b. Dari
bahan apakah kerajinan tempat pensil ini?
c. Termasuk
jenis sampah apakah bahan yang digunakan dalam membuat kerajinan tempat pensil
ini?
d. Gambar
apa ini?
e. Bahan
apakah yang digunakan dalam kerajinan tempat tissue ini?
f. Termasuk
jenis sampah apakah bahan yang digunakan dalam membuat kerajinan tempat tissue
ini?
g. Gambar
apa ini?
h. Bahan
apa yang digunakan dalam membuat pupuk kompos?
11. Berikan
kesempatan kepada anak untuk menunjuk gambar sambil mengajukan pertanyaan
berikut:
a. Mana
gambar yang menunjukan gambar tempat pensil dari kaleng?
b. Mana
gambar yang menunjukan gambar tempat pensil dan tempat surat?
c. Mana
gambar yang menunjukan gambar tempat tissue?
d. Mana
gambar yang menunjukan gambar pupuk kompos?
12. Guru
membagi siswa menjadi 5 kelompok secara heterogen
13. Guru
meminta siswa untuk menyatukan dua meja, setelah itu siswa duduk berdasarkan
kelompoknya
14. Guru
membagikan LKS mengenai kerajinan tangan dari sampah kepada setiap kelompok
15. Guru
meminta siswa untuk melakukan kegiatan berdasarkan LKS berikut:
Tirai dari Gelas Minuman Plastik
Tujuan
Mengetahui cara
membuat tirai dari gelas minuman plastik
Alat
dan Bahan
1. Gelas
minuman plastik 4. Tissue
2.
Cutter 5. Gunting
3.
Ember + Air 6. Stapler
Langkah
Kerja
1. Siapkan
alat dan bahan
2. Cuci
bersih gelas didalam ember yang berisi air
3. Keringkan
gelas dengan menggunakan tissue
4. Pisahkan
bagian mulut gelas dengan bagian badan gelas dengan menggunakan gunting
5. Rapikan
plastik yang berada pada pinggir tutup mulut gelas
6. Kemudian
gunting bagian atas gelas berdasarkan
lengkungan gelas
7. Gunting gelas menjadi dua bagian
8. Setelah
gelas terbagi menjadi dua bagian, kemudian bagi lagi setiap bagian gelas
menjadi
4 bagian, sehingga seluruhnya menghasilkan 8 bagian gelas
9. Lipat
setiap bagian gelas yang telah digunting, kemudian rapikan bagian gelas
tersebut
sehingga ukurannya sama
10. Gunting
setiap bagian ujung atas gelas di sebelah kiri dan kanan
11. Pada
posisi tengah-tengah potongan masukan bagian mulut gelas, kemudian lipat
bagian
gelas sampai bagian ujung atas gelas berada dibagian dasar gelas,
kemudian stapler
bagian putih ujung atas gelas
12. Lipat
dan stapler semua potongan gelas sehingga membentuk bunga
13. Ambil
kembali gelas minuman yang lain, kemudian bagian tengah-tengah potongan
dimasukan kedalam mulut gelas yang sudah terpasang pada gelas sebelumnya,
setelah
itu stapler bagian ujung putih gelas
14. Potongan
yang sejajar dengan potongan yang dimasukan kedalam mulut gelas
kemudian di
masukan kedalam mulut gelas yang baru.
15. Lakukan
kegiatan sampai setiap satu gantung tirai terdiri dari 5 buah bunga
|
16.
Setelah selesai melakukan kegiatan,
perwakilan dari setiap kelompok diminta untuk
mengumpulkan hasil kerajinan yang
telah dibuat.
17.
Siswa melaksanakan opsih diantaranya
a. Merapikan
meja dan kursi
b. Membuang
sampah pada tempatnya
c. Lakukan
semuanya sambil bernyanyi
Disini senang disana senang
Dimana-mana hatiku senang
Lalalalala 2x
d. Akhiri
kegiatan dengan mencuci tangan
·
Penegasan
Siswa
diminta untuk menyebutkan pengertian sampah, jenis-jenis sampah serta hasil
yang dapat diperoleh dari pemanfaatan sampah berdasrkan jenisnya.
·
Evaluasi
1. Tes
Kinerja
a. Keaktifan
siswa dalam menjawab pertanyaan
b. Keaktifan
siswa dalam melakukan kegiatan berdasarkan LKS
c. Kerajinan
yang dihasilkan
2. Tes
Sikap
Pernyataan
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
Buanglah sampah pada tempatnya
|
|
|
|
Sediakan tong sampah berdasarkan
jenisnya (tong sampah organik dan tong sampah anorganik)
|
|
|
|
Jangan pisahkan sampah
berdasarkan jenisnya
|
|
|
|
Masukan sampah kardus kedalam
tong sampah anorganik
|
|
|
|
Membuat pupuk kompos dengan
plastik
|
|
|
|
Membuat kerajinan dari sampah
anorganik
|
|
|
|
Sampah tidak dapat dimanfaatkan
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar